Friday 9 August 2013

"Pembajakan Semu Terhadap Karya Musik" - by Michael Gunadi Widjaja

“PEMBAJAKAN SEMU 
TERHADAP KARYA MUSIK”
Oleh: Michael Gunadi Widjaja



“Setiap Anda memutar lagu karya Gesang, 
bisa jadi Anda sudah mencuri periuk nasinya.”

Kalimat tersebut terpampang pada booklet resmi dari KARYA CIPTA INDONESIA, sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang hak cipta musik di Indonesia. Hak cipta karya musik, dalam highlight KCI dihubungkan dengan periuk nasi seseorang, yakni Almarhum Pak Gesang. Dan bicara tentang periuk seseorang, agaknya memang kita harus mau untuk sedikit mengernyitkan kening. Dan memang hak cipta musik di Indonesia masih menyisakan permasalahan yang tidak ringan.

Hak cipta terhadap karya musik dalam artikel ini saya batasi menjadi dua hal: Printed Material dan Audio Material. Yang tergolong printed material adalah karya yang dicetak, baik buku maupun partitura musik, dan atau musik. Sedangkan audio material yang saya maksud adalah karya yang diperdengarkan. Tentu dalam bentuk rekaman. Dan pembajakan yang kali ini saya bicarakan, bukan pembajakan seperti VCD yang marak. Pembajakan dalam tulisan ini adalah pembajakan semu atau saya beri istilah PSEUDO PIRACY. Dan pseudo piracy ini terjadi dalam lingkup pemanfaatan komputer.


ILUSTRASI I
Saya meminjam CD musik dari seorang teman. Sebuah CD paten. Artinya bukan bajakan, resmi, dan ada stiker etiket PPN nya. Karena saya suka dengan musiknya, saya bermaksud meng-copy CD tsb untuk keperluan pribadi dan untuk saya nikmati sendiri. Saat saya akan meng-copy, usaha saya gagal. Karena CD tsb copyright protection. Jadi tidak bisa dan tidak boleh dicopy. Saya tak berputus asa. Saya install software CD Ripper dan dengan CD ripper tsb tiap track dari CD, saya ripped (jagal paksa). Berhasil. Apakah ini sebuah pembajakan? Kan saya melakukannya tidak untuk diperdagangkan. Hanya untuk pribadi. Jawabnya... ehm... Inilah pseudo piracy. Sama halnya dengan fotocopy terhadap textbook dan fotocopy terhadap buku pelajaran musik dan buku lagu-lagu.

ILUSTRASI II
Saat seorang artis merilis album baru untuk dipasarkan, kurang dari 24 jam kita sudah bisa mengunduh album baru tersebut secara GRATIS!!! Melalui internet. Banyak situs yang menyediakan konten unduh secara gratis untuk album lagu baru. Apakah ini sebuah pembajakan? Toh pemilik situsnya tidak mendapatkan keuntungan apapun. Sama sekali tidak ada komersialisasi. Pengunduhan dilakukan secara gratis. Jelas tidak ada profit yang masuk ke dalam situs. Benefit? Tidak juga. Nama dan ketenaran pemilik status? Tidak juga. Karena kita tidak pernah tahu situs penyedia gratisan itu milik siapa. Dan servernya bisa saja berada di Canada, Australia dengan alamat yang sangat sulit dilacak. Sekali lagi: inilah pseudo piracy.

Dan ini juga berlaku bagi naskah-naskah musik. Sangat sulit membeli buku musik. Bukan soal harganya, namun materialnya yang tidak tersedia. Contoh: JAZZ HANON. Silahkan cari bahkan sampai ke Medan, Jakarta, Jogja, Surabaya. Akan amat sangat sulit mendapatkannya. Dengan internet...wow dan yahud. Saya tinggal mengunduh, dan gratis lagi. Inilah sisi lain dari pseudo piracy.

Pernah ada yang mengatakan pada saya agar membeli buku musik via online. Membeli, bukan unduh gratisan. Saya coba di amazon.com. Hasilnya? Amat mahal dan shippingnya sampai ke kota saya tidak kurang dari 20 hari!!! Sementara siswa saya dalam 20 hari tsb perkembangannya amat cepat. Dan seringkali buku atau naskah musik yang kita butuhkan tidak tersedia pada situs belanja online yang resmi.

Sekelumit paparan tadi sepertinya ingin berujar pada kita. Pseudo piracy atau pembajakan semu, memang benar-benar semu. Artinya, batas antara pelanggaran dan manfaat benar-benar semu. Memang ada hak cipta karya musik yang dilanggar, namun tidak ada komersialisasi untuk keuntungan ekonomi bagi tiap pribadi. Sementara manfaat dan mudharatnya amat besar.

1 comment:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66 (NEW)
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!?

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.