Sunday 6 March 2016

ROMANCE DE AMOUR: "KETIKA CINTA MENJADI POPULAR" - by: Michael Gunadi Widjaja (Staccato, March 2016)

"KETIKA CINTA MENJADI POPULAR"
by: Michael Gunadi Widjaja
Staccato, March 2016


Jika seseorang mempelajari gitar klasik, hampir dapat dipastikan bahwa ia akan mengenal lagu ROMANCE DE AMOR. Sedemikian terkenalnya lagu ini, khususnya di kalangan para penggemar gitar klasik, hingga ada semacam “impian” bagi para siswa gitar klasik untuk dapat membawakan lagu ini. Sebetulnya, apa pernak-pernik yang menjadikan Romance de Amor sedemikian popular.

NAMA LAIN ROMANCE DE AMOR
Judul asli Romance De Amor, dalam napak tilas perjalanan sejarahnya, sangat beragam. Yang paling formal adalah "Romance Anónimo" (Anonymous Romance) atau sebuah kisah cinta dari “si A“. Juga dikenal sebagai "Estudio en Mi de Rubira" (Study in E by Rubira). Sebuah Etude, atau lagu pelajaran yang dibuat oleh Rubira. "Spanish Romance", "Romance de España," karena bagi beberapa orang lagu ini “kental” sekali nuansa Spanyol nya. "Romance of the Guitar," sehubungan lagu ini sudah menjadi semacam trademark bagi gitar klasik. "Romanza" dan "Romance d'Amour dalam Bahasa Perancis.


ASAL MUASAL ROMANCE DE AMOR
Asal muasal Romance De Amor menyisakan sebuah pertanyaan. Namun yang pasti, Romance De Amor adalah sebuah lagu solo dari abad ke-19 bagi gitar klasik. Romansa ini sering dipertautkan dengan beberapa nama. Antonio Rubira, Vicente Gomez, Miguel llobet, dan bahkan sang Maestro gitar Francisco Tarrega. Romance De Amor umumnya tersaji sebagai “ANONYMOUS” atau dikarang oleh seseorang.


Beberapa musikolog membuat spekulasi tentang mengapa Romansa ini tersaji sebagai anonymous. Bisa saja pengarang aslinya tak sadar atau kurang peduli terhadap pencatuman namanya sebagai pengarang. Bisa juga adanya hasrat untuk menghindari pembayaran hak cipta. Atau bisa juga hal ini adalah sebuah kesengajaan dari beberapa penerbit buku musik, agar lagu yang popular ini bisa makin popular tanpa diributkan urusan bayar membayar hak cipta.

Gaya lagu ini ditengarai sebagai gaya lagu hiburan yang marak di Spanyol dan Amerika Latin pada akhir abad ke-19. Popularitas lagu cinta ini, mendunia dan menjadi booming serta trademark, setelah gitaris Narciso Yepes membawakan lagu ini dengan penuh passion sebagai soundtrack film Perancis karya sutradara René Clément' di 1952 berjudul Jeux interdits atau Permainan Terlarang. Film tersebut demikian larisnya sehingga tentu mendongkrak juga popularitas Romance De Amor.  


Ada sebuah rumor yang berkembang kala itu. Disinyalir bahwa melodi nya atau cantus firmus nya adalah karya Fernando Sor. Narciso Yepes lah yang menggubah dengan pola arpeggio khas yang kemudian menjadi sangat popular. Benar tidaknya rumor ini nampaknya tidak terlalu signifikan. Yang barangkali lebih utama adalah ungkapan Narciso Yepes, bahwa baginya, Romansa ini adalah KARYA DARI ANTONIO RUBIRA (baca: ROVIRA).


LANSKAP KOMPOSITORIS
Sejenak kita akan menilik dan sedikit menelisik apa dan bagaimana lanskap kompositoris Romance De Amor ini. Nampak dalam gambar bahwa Romance De Amor adalah lagu dalam 3 bagian atau TERNARY FORM yang sederhana dan bersahaja. Bagian pertama berada dalam kunci E minor. Bagian ke-2 dalam kunci paralel nya, yakni E mayor. Bagian ke-3 identik bagian pertama, namun fungsinya adalah RESTATEMENT atau penegasan bagi bagian pertama. Jadi seyogyanya, bagian ke-3 harus dimainkan dengan “agak berbeda” dibanding bagian pertama. Meski jelas tidak salah jika orang memainkan bagian ke-3 secara sama persis dengan bagian pertama.

  
Harmoni yang dipergunakan sangat bersahaja, yakni Tonika (I), Sub Dominant (IV), dan Dominant (V) dari kunci E minor dan E mayor. Lagu Romansa ini strukturnya sangat SIMETRIS. Bagian ke-1 dan ke-3 sama-sama memiliki 16 birama demikian juga bagian ke-2. Pola cantus firmus nya pun sangat simetris. Semua dalam not crotchet (satu ketuk) atau ¼ an di dalam bingkai time signature ¾.

Yang unik adalah bahwa terdapat juga sifat ESTUDIO atau pelajaran dalam lagu ini. Yakni khususnya pada pola arpeggio nya.


Pola arpeggio tersusun dari triplet dalam birama pertigaan. Jari kanan yang dipergunakan adalah anular (a), medular (m), indicio (i) atau ditandai dengan No. jari 3 (jari manis), No. 2 (jari tengah), dan No. 1 (jari telunjuk). Pada tiap arsis diperkuat dengan bass untuk ibu jari atau pulgar (p) yang ditandai dengan No. jari 0. Pola arpeggio semacam ini sangat gitaristik, dan banyak sekali dipakai dalam komposisi gitar klasik. Tarrega menggunakan pola ini dalam Etude in E minor. Luisa Walker memakai juga pola ini untuk bagian romantis dalam Kleine Romanze” yang terkenal.


SUSUNAN MELODI
Sekelumit analisa saya sajikan berikut ini. Hanya untuk bagian pertama saja. Karena bagian pertama inilah yang sangat popular dan digemari. Sehubungan secara teknis, fingering dan pivot nya lebih sederhana dibandingkan dengan bagian ke-2.


Dalam birama 2-3, terdapat pola urutan dengan interval sama dalam arah turun atau descending (B-A-G-F#-E). Langkah urutan dengan interval sejajar semacam ini membuat sifat lagu menjadi sangat melodius dan singing out. Birama 4-5 terisi oleh nada akordis dari Em (E-G-B-E,) yang membentuk akor empat suara. Jadi, setelah rangkaian not singing out, digenapi dengan susunan akordis penuh. Birama 6-7 diisi lagi dengan Descending Paralel Interval (E-D-C-B-A). Birama 9-10 terdapat nada dari tangganada BYZANTINE MINOR atau GYPSI ARABIC SCALE (mi fa se la si do ri mi) dengan poros nada B (B-C-D#). Hal ini membangun sentuhan bahkan nuansa Spanyol yang sangat kental.


Romance De Amor memang adalah lagu tentang CINTA.   
Cinta yang bertutur mesra yang dalam napak tilas peradaban manusia 
alurnya menjulang menggapai popularitas.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.