PSEUDO IMPROVISASI PADA CHOROS VILLA LOBOS
Choros dalam makna musical dapatlah dikatakan sebagai music jalanan
atau street
music, yang juga menjadi bagian integral budaya folkloric masyarakat
Brazil.Performansi Choros dalam konteks budayanya,sarat dengan improvisasi.
Musik klasik,secara lebih spesifik adalah citar
klasik,sangat akrab dengan choros,terutama melalui komposisi dari Hector Villa
Lobos.Yang paling terkenal dan hamper menjadi standar gitaris papan atas adalah
CHOROS No. 1.
Choros No.1 terdiri dari 3 movement.Yang masing masing
movement berbeda dalam kunci nada dan gramatik musikalnya.Musical formnya
adalah A – B – A - C – A.Jika dicermati,hampir tak ada peluang dan sama sekali
tak ada kerangka untuk berimprovisasi.Tentu jika yang diartikan improvisasi
adalah sebagaimana dalam music jazz.Choros Villa Lobos sama sekali tak membuka
keleluasaan ruang untuk improvisasi macam itu.Apalagi akar dari lanskap
kompositorisnya adalah klasik modern.Jadi jelas konsep improvisasi TIDAK
dipandang sebagai olahan kebebasan menguangkap rasa dalam kesesaatan
Lalu bagaimana dengan batasan Choros sebagai street music
yang mestinya sarat improvisasi.Beberapa interpretator Villa Lobos melakukan
apa yang pas disebut sebagai PSEUDO
IMPROVISASI yakni improvisasi “semu”.Improvisasi ini berupa olah rasa
dengan menyajikan “perubahan” kecil yang tidak merubah thema namun member nuansa
yang sangat beragam.Untuk lebih jelasnya berikut disajikan dua buah video dari
para interpretator Villa Lobos.
Yang pertama adalah TURIBIO SANTOS.Di tangan Turibio
Santos,Choros No 1 diimprovisasi dengan ritmik cepat dan musical approach yang
klasikal.Musical form juga tidak dimainkan sebagaimana lazimnya,yakni bagian A
tidak dimainkan lagi setelah B dan C.Turibio santos juga menambahkan Orchestra
section di awal movement A meski hanya secuil saja.pada Movement 3 (bagian
C),Turibio melakukan kontras dinamika dan gradasi tempo yang sangat
mencolok,sehingga member nuansa yang berbeda dengan dua movement sebelumnya.
http://youtu.be/lqnVCIzyVEU
Video kedua adalah Alvaro Pierri.Alvaro Pierri memainkan Choros No 1 dengan pendekatan musical yang sangat jazz.Persisnya adalah sangat bossa nova.Manis,mendayu,manja dan romantic.Nada B E G yang diberi fermata dan mestinya dimainkan dengan luas,benar-benar dilanggar oleh Alvaro Pierri.Dan nampaknya ini adalah salah satu wujud dari pseudo improvisasi.Pada penghujung permainan,bagian A setelah repetisi,mendadak berubah tempo menjadi cepat ganas namun tetap solid dan passionate.
Choros dari Villa Lobos menyemburatkan satu makna bagi kita
bahwa ada bentuk lain dari improvisasi selain yang lazim kita nikmati dalam music
jazz.pseuso improvisasi (istilah saya) yang meski tak banyak bicara namun tetap
menyiratkan nuansa makna yang dalam.
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.