Saturday 28 July 2012

IT'S CAPRICE ON GUITAR!!! (THE PAGANINI CAPRICE 24 ON CLASSICAL GUITAR)


IT'S CAPRICE ON GUITAR!!! 
(THE PAGANINI CAPRICE 24 ON CLASSICAL GUITAR)


Nicolo Paganini terkenal dan dikenal sebagai composer dan virtuoso biola. Paganini malahan orang pertama di dunia yang menggelar recital solo biola tanpa iringan.Hingga ada ungkapan bahwa jika Paganini memainkan biolanya,maka setan – setan di neraka pun akan ikut menari. 

Selain virtuositasnya yang “sangat tidak umum” dalam bermain biola, Paganini juga memiliki kegemaran memainkan gitar. Bahkan kegemarannya ityu sudah dapat dikatakan sebagai sebuah obsesi. Paganini berteman naik dengan Mauro Giuliani. Giuliani adalah seorang virtuoso gitar. Konon kabarnya mereka sering bertukar instrument sambil berkelakar. Sepanjang karirnya, Paganini juga membuat puluhan komposisi untuk gitar.


Salah satu karya Paganini yang terkenal bahkan melegenda adalah Caprice atau Capriccio no 24. Karya ini sebetulnya untuk biola solo tanpa pengiring.Namun sedemikian terkenalnya karya ini,sehingga orang mentranskripsi untuk instrument lain. Dari semua transkripsi, gitar klasiklah yang paling terkenal dan dikenal.Karena kedekatan passion Paganini pada gitar klasik.

Yang membuat Capriccio Paganini menjadi demikian tersohor adalah, struktur dan alur melodinya yang melodius, akordis dan familiar untuk diapresiasi. Dari sudut pandang classical guitar performance, Caprice 24 ini juga memiliki berbagai teknik dan musikalitas yang tak akan ada habisnya untuk diolah.

Secara structural, Capriccio 24 terdiri dari THEMA – VARIASI VARIASI dan CAUDAL atau ekor penutup.

Thema sangat akordis dan banyak digunakan not semi quaver. Tantangannya adalah bagaimana memainkan semi quaver dalam tempo lumayan cepat. Juga harus diperhatikan adanya “kebocoran” bunyi. Itulah sebabnya banyak gitaris papan atas memainkan bagian thema tidak pada first position. Karena jika pada first position maka nada E aka nada di dawai 1 yang tone colornya SANGAT TIDAK SAMA dengan dawai lainnya.

Variasi 1 adalah arpeggio dengan struktur inverted. Polanya 5 – 3 -1.Arpeggio ini dilakukan dengan triplet dan board position yang sangat jauh jangkauannya.

Variasi 2 sering dimainkan secara Harmonic Octaf. Namun banyak juga gitaris papan atas yang memainkan variasi 2 ini hanya sebagaimana konteksnya.

Berbagai variasi dalam Caprice 24 paganini, memiliki tingkat kesulitan dan musikalitas yang berbeda-beda. Secara musical, sebetulnya caprice ini hanya memakai progresi II V I dalam minor. nada-nadanya sangat akordis. Dexteritas nya juga sebetulnya tidaklah terlalu sulit. Hanya saja, memainkan Caprice 24 Paganini dalam transkripsinya untuk gitar klasik, selalu menyisakan pertanyaan:

AKAN DIBAWA KEMANA MUSIKNYA? 
APAKAH GITARISTIK  ATAUKAH BIOLINISTIIK (biolas banget).

Jika kita memilih biolinistik,maka pendekatan teknis permainan gitar kita haruslah se boil;a mungkin. Terutama pergeseran oktaf yang sejajar harus seperti biola jika melakukan bow oktaf. Ini sulit dan menuntut sebuah color.

Pada esensinya, Caprice 24 paganini adalah sebuah kulminasi virtuositas. Dan uniknya, dilakukan dalam kerangka sebuah Capriccio, yang adalah music jenaka.

Berikut ini disajikan video Lie Jie, murid John William.
Aransemennya adalah versi gurunya. Sangan kompleks dan penuh explorasi teknik.


Berikutnya adalah arransemen sangat sederhana namun dilakukan
dengan frasering yang pas dan sangat passionate.


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.