Monday 16 July 2012

Artikel AUDIOPRO Maret 2012 "Efisiensi Pemutar MP3 Pada Intelligent Keyboard"

Artikel Majalah AUDIOPRO edisi Maret 2012

EFISIENSI PEMUTAR MP3
PADA INTELLIGENT KEYBOARD
Oleh: Michael Gunadi Widjaja

 


Intelligent keyboard sebagai peranti musikal yang praktis dan berkemampuan tinggi secara terus menerus mengalami perkembangan. Mulai dari desain bentuknya yang ergonomis, sensitivitas tuts, kemampuan multi-track, variant irama & sound, sampai pada kemampuan penyimpanan data. Yang sedang marak saat ini adalah intelligent keyboard yang dilengkapi dengan pemutar mp3.

Sebagian orang tentu akan bertanya: Jika dilengkapi denan pemutar mp3, adakah hubungan fungsional yang signifikan? Apakah hanya berupa tambahan agar intelligent keyboard memiliki tambahan fungsi sebagai tape playback? Adakah manfaat bagi teknik dan juga kemudahan serta kecanggihan sajian musik melalui intelligent keyboard, dengan adanya tambahan pemutar mp3? Pertanyaan tersebut menggelitik dan menunjukkan bahwa dalam batas tertentu kita memang perlu menelisik ulang akan perkembangan teknologi yang terjadi pada intelligent keyboard.

Sebuah intelligent keyboard secara fungsional terdiri dari: 
  • TONE GENERATOR: untuk menghasilkan gelombang bunyi 
  • PROCESSING UNIT: termasuk sequencer internal dan fungsi editing 
  • DATA STORAGE: khusus untuk data storage, intelligent keyboard mengalami tahapan perkembangan yang cukup signifikan. Mulai dari bentuk cartridge, floopy disk, Zip drive, sampai yang masa kini dalam bentuk USB Flash. Sejalan dengan berkembangnya USB Flash inilah pemutar mp3 menjadi fasilitas yang turut melengkapi kecanggihan fungsi intelligent keyboard.

Lalu, apa efisiensi yang bisa kita dapat dengan adanya pemutar mp3 pada intelligent keyboard kita? Jika kita adalah pemain solo keyboard, maka adanya pemutar mp3 memberi efisiensi berupa mutu musik pengiring yang semakin terdengar profesional. Selama ini solo keyboard menggunakan format midi sebagai minus one. Dalam format midi, puritas bunyi tiap peranti musik sangat bergantung pada tone generator, sumber midi asal, dan format midi-nya. Jika midi diproses menggunakan keyboard merek A misalnya, belum tentu bunyinya akan sesuai keinginan jika dimainkan di keyboard merek lain. Se-merk pun belum tentu tata bunyi aransemennya akan terdengar sama. Amat banyak faktor yang mempengaruhi. Dari pemilihan cacah sampling, channel, kemuadian olahan parameter tiap channel midi dsb.

Dengan tersedianya pemutar mp3, maka semua jenis musik karaoke dalam format mp3 bisa diputar di keyboard kita. Dengan jaminan keyboard apapun sejauh dapat memutar mp3 akan menghasilkan tata bunyi yang general dalam arti sama persis file aslinya.

Bagi musisi yang juga arranger, kehadiran pemutar mp3 yang terpadu dalam unit intelligent keyboard juga membawa benefit dan efisiensi dalam pekerjaannya. Kita bisa langsung merekam tiap track melalui software multi-track recording dengan cara real time. Tanpa harus menggunakan midi yang seringkali memusingkan sehubungan dengan setting channel, clock dan juga parameternya. Data yang berupa wav dikompres menjadi mp3, sehingga lebih fleksibel untuk diedit. Hasil akhirnya bisa diputar di keyboard kita sembari kita memberi penambahan seperlunya.

Hingga saat ini memang belum memungkinkan untuk melakukan editing waveform mp3 melalui fasilitas internal keyboard. Namun kehadiran pemutar mp3 sebagai langkah awal telah cukup membawa efisiensi. Dalam kecepatan olahan pekerjaan dan juga mutu penyajian. Dan sebagai konsekuensi dari maraknya pemutar mp3 dalam intelligent keyboard, sebuah produksi musik portabel tidak lagi hanya berupa satu peranti. Kehadiran laptop dan/atau PC semakin mutlak diperlukan. Dalam soal efisiensi, langkah pekerjaan kita memang dimudahkan, namun kemudahan itu juga membawa kompleksitas berupa unit yang menjadi tersistematik.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.