Thursday 20 October 2011

Horowitz Gallop


Musik membahasakan dirinya sendiri.Bahasanya dapat dengan fasih dilantunkan oleh para virtuoso.Dari kefasihan virtuositas itulah lahir para legenda.Yang senantiasa dikenang,dibicarakan,dan di sisi lain senantiasa terselimuti misteri.Salah satunya adalah Vladimir Horowitz
Sebagai pianis, Horowitz sangat fenomenal.Gaya musiknya banyak ditengarai sebagai beraliran romantik.Horowitz sangat fenomenal dalam berpuisi melalui piano.Disamping itu,Horowitz dikenal memiliki tone color yang fantastic.Puisi pianistik nya dapat berada dalam tone mellow yang mendayu bahkan mengharu biru.Bisa juga menjadi garang bak auman singa.Pencapaian tone color ini tak dapat dilepaskan dari control finger dexterity secara anatomical yang mumpuni.

Anatomical finger dexterity control ini pulalah yang memunculkan aspek fenomenal dari Horowitz.Kecepatannya memainkan oktaf parallel nyaris tak tertandingi.Gerakan jarinya saat memainkan blocking chord yang progresif,juga sangat fenomenal.Banyak pianis jaman kita yang memiliki kecepatan.Yang membadakan mereka dengan Horowitz adalah,bahwa Horowitz dengan kecepatan jemarinya yang luar biasa,tetaplah manusiawi.Puisi pianistiknya tetap mengalir sebagaimanan irama kehidupan itu sendiri.Tanpa terjebak menjadi atraksi acrobat jari.


Banyak para ahli mencoba mengungkap rahasia dibalik finger dexterity Horowitz.Ada yang berpendapat,anatomi jemari Horowitz memang berbeda dengan manusia pada umumnya.Ada pula yang berpendapat bahwa rancangan instrumen piano nya sangat membantu finger dexterity nya. 

Dalam video berikut diperlihatkan dalam gerak lambat finger dexterity Horowitz.Ternyata,jemarinya “berlari” seperti tarian kuda berlari. A HORSE GALLOP


Apa sih yang menarik dari paparan semacam ini ? Tak ada.Sungguh tak ada menariknya !! Dan mungkin hanya seorang pengangguran yang mau berepot repot menuliskan hal demikian.

Yang bisa dikais maknanya barangkali hanyalah,bahwa teknik bermain piano telah mencapai sebuah titik ambang yang fenomenal. Titik ambang yang adalah bersatunya ungkapan jiwa melalui seni bunyi,dan eksplorasi total anatomi bagian tubuh.Permenungan dalam fenomena ini agaknya mengarah pada satu oase. Bahwa musik,sungguh merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan itu sendiri.


Vladimir Horowitz captions:
This Sculpture was made in1996 by Taub and was completed at the Fonderia Artistica in Pietrasanta, Italy. When Mrs. Wanda Horowitz saw photographs of the finished head, she said, "It is the finest likeness of my husband that I have ever seen". Soon after, she instructed the Yale Music Library to purchase the sculpture for the Horowitz Archives.
Both the head and hands of Horowitz are available for purchase separately

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.