Saturday 29 December 2012

YANG UTAMA TENTANG PIANO DIGITAL


YANG UTAMA TENTANG PIANO DIGITAL




Terlebih dahulu dijawab pertanyaan sebagai berikut : MENGAPA ORANG MEMBUAT PIANO DIGITAL ?

Portabilitas
Orang jaman sekarang sangat sulit mendapatkan rumah tinggal ataupun ruang kerja yang luas.Tanah semakin terbatas dan semakin membubung tinggi harganya.Orang jaman sekarang tinggal dalam ruang yang relative tidak luas.Apartemen,Condominium,rumah mungil.Semua itu sangat tidak memungkinkan bagi kehadiran sebuah piano sejati.Baik itu Upright piano model,apalagi Grand Piano.Karena bunyi piano akan sangat memekakkan telinga dalam ruang sempit tersebut.Juga piano sejati memiliki bobot yang aduhai montoknya,sehingga nyaris tak mungkin dipindah-pindah dengan leluasa.

Price
Piano adalah primadona dalam musik.Piano sendiri secara fisik,sudah menjadi artefak seni.maka harganyapun wuuuiiiiihhhhh…membubung melangit melintir.Tidak pernah ada piano baru berharga jutaan !!! Termurah dan kelas abal-abal tambal sulam saja pasti di atas 20 jutaan.Bagi orang jaman sekarang,dimana persaingan profesi dan usaha demikian ketat,sangat riskan jika mengeluarkan puluhan juta.Kecuali jika si orang tersebut atau keluarganya benar-benar berminat untuk bermain piano.

Challenge
Kemajuan teknologi di jaman sekarang ini sungguh luar biasa.Orang dapat dengan gampang menimba dan mengasah selera musiknya.Orang bisa dengan gratis malahan menyaksikan rekaman pianis-pianis top dunia.Keadaan ini membuat tuntutan masyarakat terhadap kemampuan sang pianis,menjadi semakin tinggi.Konsekuensinya,seorang pianis jaman sekarang harus lebih sering latihan.Dimanapun,kapanpun.Termasuk dalam kamar hotel menjelang resital.Dan jelas,keadaan ini tidak dapat diakomodir oleh piano sejati.

Maka dibuatlah Piano Digital.Apa itu piano digital.

PIANO DIGITAL ADALAH MURNI PIANO,HANYA SAJA BEKERJA DENGAN SISTEM DIGITAL.DAN AGAR SISTEM DIGITAL DAPAT BEKERJA DIBUTUHKAN ARUS LISTRIK.

Piano digital BUKANLAH PIANO ELECTRIC,meski sama-sama membutuhkan arus listrik.Piano electric adalah sebuah instrument electronic yang bunyinya sama sekali tidak mirip secuilpun dengan piano sejati. Contoh piano electric yang paling popular adalah RHODES PIANO dan juga RHODES SUITCASE yang bisa dikemas seperti kopor.



Piano Digital vs intelligent keyboard
Orang sering mengatakan begini : “ Ah..beli keyboard saja.Toh kan jumlah tuts nya banyak juga..oktafnya sama kayak piano…trus juga bisa keras lembut tuh…”
Tidak sesederhana itu.Piano digital MUTLAK MENGGUNAKAN HAMMER ACTION !!! yakni mekanik seperti palu pemukul senar pada piano sejati.Sedangkan intelligent keyboard (juga synthesizer) tercanggih pun,tidak menggunakan hammer action.Melainkan menggunakan teknologi Touch Sensitivity.Mengapa  keyboard tidak pakai hammer action.Ingat…..keyboard memiliki aneka bunyi tiruan alat musik.Jika memakai hammer action,maka beberapa bunyi alat musik seperti Brass,akan sangat sulit dieksekusi.

Piano Digital vs Stage Piano
Contoh Stage Piano yang paling popular adalah ROLAND seri RD.Dalam stage piano banyak fitur yang diperlukan bagi keperluan show di panggung.Layar LCD yang terang,agar jika tampil penari bugil,dalam keadaan lampu temaram,si pianis masih bisa main piano.Juga adanya sequencer atau perekam frase musik.Ini diperlukan jika mendadak ada permintaan lagu yang menuntut keberadaan irama perkusif.Fitur-fitur demikian tidak ada dalam piano digital,karena ya memang tidak dibutuhkan.



KEUTAMAAN
Piano digital adalah sebuah piano.Murni sebuah piano.Oleh sebab itulah,sebuah piano digital harus mampu memerankan fungsi piano sejati.Dalam artian,dapat memainkan semua genre musik.Dari mulai kelas Twinkly Twinkly Little Brat sampai karya Chopin,dan bahkan Gyorgy Ligetti sekalipun.Tuts piano digital harus sempurna.Tuts harus mampu mengakomodir dan diperkosa oleh gerakan jemari yang paling ekstrem sekalipun.Salah satunya adalah teknik REPEATED HAMMERING.

Yang saya saksikan sendiri adalah bahwa PIANO DIGITAL KAWAI MAMPU MENCAPAI TUNTUTAN sedemikian.Miss Jelia Megawati Heru,M.Mus.Edu pernah melakukan test langsung di pabrik KAWAI MUSIK INDONESIA dan terbukti Piano digital Kawai mampu di eksekusi untuk teknik repeated hammering.

Hal lain adalah,bahwa piano digital bekerja dengan teknik sampling.Bunyi piano sejati,direkam,kemudian oleh micro processor sample nya diubah dari analog menjadi digital.Kemampuan mensampling ini bergantung pada jumlah cacah sampling.Semakin tinggi nilai ambang rata-ratanya,bunyinya akan semakin mirip piano sejati.Pada piano digital kebanyakan,bunyi piano sejati yang direkam hanya pada bagian middle oktaf saja.SEMENTARA PADA PIANO DIGITAL KAWAI,SEMUA BUNYI TUTS PIANO SEJATI TAK ADA YANG TERLEWATKAN DIREKAM DAN DIPROSES SAMPLING.





The choice is yours..but DON’T FORGET THAT KAWAI IS THE FUTURE OF THE PIANO.


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.