Saturday 22 December 2012

TABEL ORNAMENTIK dari JOHANN SEBASTIAN BACH


TABEL ORNAMENTIK dari JOHANN SEBASTIAN BACH


Salah satu upaya untuk dapat memainkan musik Bach dengan pas,adalah memahami tata gramatik dan retorik musical nya.Bach sudah mewariskan semacam petunjuk bagi orang yang INGIN MEMUSIKKAN MUSIK BACH.Salah satu petunjuknya adalah TABEL ORNAMEN.Hal ini memang bukan satu-satunya pedoman dalam memainkan musik Bach.namun setidaknya satu masalah terselesaikan.yakni kita menjadi tahu pasti,sebetulnya apa yang Bach kehendaki dengan simbolisme ornament pada musiknya.


Tabel ornament berikut ini, adalah transkripsi yang terdapat dalam buku Wilhelm Clavier-Büchlein vor Friedemann Bach.Buku tersebut ditulis sendiri oleh Johann Sebastian Bach sebagai pedoman untuk pelajaran dan latihan keyboard putra sulungnya. (Naskah asli manuskrip Bach,saya sertakan sebagai sajian hasil scanner)


 Judul tabel dalam bahasa Jerman ,yang dapat dipadankan sebagai "Penjelasan tentang berbagai tanda ornamentik,dan petunjuk cara memainkan ornamen tertentu dengan benar."
 
Tabel tersebut terdiri dari dua jalur dengan dua system paranada.Jalur paranada yang atas adalah notasi penulisan.Sedangkan jalur di bawahnya adalah ilustrasi teknis pelaksanaannya.

Dalam transkripsi dipergunakan Treble Clef atau kunci G.Sementara manuskrip asli Bach mempergunakan kunci sopran.Kunci sopran marak digunakan para composer sekitar abad 18.Namun di jaman modern seperti sekarang ini,lebih lazim digunakan treble Clef.

Nampaknya perlu diberi catatan secara khusus dan diingatkan kembali,bahwa pelaksanaan ornamen sering bervariasi pada abad ke-18 dari negara ke negara dan dari komposer di tiap negara.jadi setidaknya kita memiliki sebuah patokan khusus tentang apa yang dimaksudkan Bach dalam ornamen musiknya.
Willard A,Palmer memberi penekanan bahwa tabel ornamentik Bach ini hanya berupa konfigurasi secara umum saja dan hanya bermanfaat sebagai contoh jika dibunyikan dalam tempo moderato.

Keberadaan tabel ornament dari Bach,tidak dengan sendirinya mengakhiri perdebatan tentang bagaimana musik Bach harus dimainkan.Hal yang paling controversial,dimunculkan oleh putra bach sendiri yakni Carl Philip Emmanuelle Bach atau CPE Bach.CPE Bach membuat essay tentang bagaimana musik ayahnya semestinya dimainkan.Essay tersebut memang berisi keterangan-keterangan.namun pada akhirnya,CPE Bach sampai pada kesimpulan bahwa musik Bach tidak perlu mendapat rekomendasi apapun untuk tetap sebagai musik Bach.Dan gaya permainan CPE Bach sangat berbeda dengan petunjuk warisan ayahnya.Meski demikian,para musikolog berpendapat : meski CPE Bach tidak sepenuhnya melafalkan retorika Bach,namun musik yang dibawakannya sudah sangat benar sebagai musik Bach.

Memang muaranya seakan mengalir pada passion.siapapun bach dan apapun gaya musik nya,telaah yang obyektif adalah dengan menggumuli retorika Bach melalui musikalitas yang passionate.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.