TABEL ORNAMENTIK dari JOHANN SEBASTIAN BACH
Salah satu
upaya untuk dapat memainkan musik Bach dengan pas,adalah memahami tata gramatik
dan retorik musical nya.Bach sudah mewariskan semacam petunjuk bagi orang yang INGIN
MEMUSIKKAN MUSIK BACH.Salah satu petunjuknya adalah TABEL ORNAMEN.Hal ini memang bukan
satu-satunya pedoman dalam memainkan musik Bach.namun setidaknya satu masalah
terselesaikan.yakni kita menjadi tahu pasti,sebetulnya apa yang Bach kehendaki
dengan simbolisme ornament pada musiknya.
Tabel ornament
berikut ini, adalah transkripsi yang terdapat dalam buku Wilhelm Clavier-Büchlein vor Friedemann Bach.Buku tersebut ditulis sendiri
oleh Johann Sebastian Bach sebagai pedoman untuk pelajaran dan latihan keyboard
putra sulungnya. (Naskah asli manuskrip Bach,saya sertakan sebagai sajian hasil
scanner)
Judul tabel dalam bahasa Jerman ,yang dapat
dipadankan sebagai "Penjelasan tentang berbagai tanda ornamentik,dan petunjuk cara
memainkan ornamen tertentu dengan benar."
Tabel
tersebut terdiri dari dua jalur dengan dua system paranada.Jalur paranada yang
atas adalah notasi penulisan.Sedangkan jalur di bawahnya adalah ilustrasi
teknis pelaksanaannya.
Dalam transkripsi dipergunakan Treble Clef
atau kunci G.Sementara manuskrip asli Bach mempergunakan kunci sopran.Kunci
sopran marak digunakan para composer sekitar abad 18.Namun di jaman modern
seperti sekarang ini,lebih lazim digunakan treble Clef.
Nampaknya perlu diberi catatan secara khusus dan diingatkan kembali,bahwa pelaksanaan ornamen sering bervariasi pada abad ke-18 dari negara ke negara dan dari komposer di tiap negara.jadi setidaknya kita memiliki sebuah patokan khusus tentang apa yang dimaksudkan Bach dalam ornamen musiknya.
Willard A,Palmer memberi penekanan
bahwa tabel ornamentik Bach ini hanya
berupa konfigurasi secara umum saja dan hanya bermanfaat sebagai contoh jika
dibunyikan dalam tempo moderato.
Keberadaan
tabel ornament dari Bach,tidak dengan sendirinya mengakhiri perdebatan tentang
bagaimana musik Bach harus dimainkan.Hal yang paling controversial,dimunculkan
oleh putra bach sendiri yakni Carl
Philip Emmanuelle Bach atau CPE Bach.CPE Bach membuat essay tentang
bagaimana musik ayahnya semestinya dimainkan.Essay tersebut memang berisi
keterangan-keterangan.namun pada akhirnya,CPE Bach sampai pada kesimpulan bahwa
musik Bach tidak perlu mendapat rekomendasi apapun untuk tetap sebagai musik
Bach.Dan gaya permainan CPE Bach sangat berbeda dengan petunjuk warisan
ayahnya.Meski demikian,para musikolog berpendapat : meski CPE Bach tidak sepenuhnya
melafalkan retorika Bach,namun musik yang dibawakannya sudah sangat benar
sebagai musik Bach.
Memang
muaranya seakan mengalir pada passion.siapapun bach dan apapun gaya musik nya,telaah yang obyektif adalah
dengan menggumuli retorika Bach melalui musikalitas yang passionate.
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.