Tuesday 11 June 2013

"Estetika dan Etika" Artikel Radar Tegal, 21 Februari 2013

"ESTETIKA dan ETIKA"
Oleh: Michael Gunadi Widjaja
Artikel Radar Tegal, 21 Februari 2013


MUSIK diciptakan untuk dinikmati. Karena kemerduan dan keindahan suaranya. Namun secara psikologis, musik dapat mengembangkan estetika atau keindahan. Hal ini dituturkan praktisi musik terkenal, Michael Gunadi Widjaja. Menurutnya, dengan mendalami musik, seorang anak akan belajar untuk mencintai keindahan. Dengan mencintai musik, seorang anak mampu menumbuhkan sikap apresiasi terhadap orang lain.

"Menghargai karya orang lain - apa saja karyanya merupakan bagian dari sikap apresiasi. Sejumlah tokoh dunia yang namanya tercatat dalam sejarah, sebagian besar seorang apresian musik tinggi. Contohnya Presiden Amerika Ronald Reagan, Bill Clinton, dan Barack Obama. Tak ketinggalan Presiden Indonesia, Ir. Soekarno juga termasuk pencinta musik."

Dia menambahkan, pendidikan musik sangat penting bagi perkembangan jiwa anak. Musik mampu menumbuhkan sikap menghargai orang lain, serta sikap toleransi. Tidak hanya itu, musik juga dapat memupuk etika atau sikap sopan santun seseorang. Dengan musik, orang semakin berbudaya, melatih motorik halus anak.

Hidup ini perlu keseimbangan, keselarasan, dan salah satu penyeimbang adalah musik. Selain memupuk keindahan, hidup juga tambah semarak. Para tokoh dunia rata-rata adalah pencinta musik. (din)

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.