Saturday 19 January 2013

DARI LEONARD BERNSTEIN UNTUK ORANG MUDA


DARI LEONARD BERNSTEIN UNTUK ORANG MUDA


 

Leonard Bernstein bukan saja seorang maestro musik.Melainkan juga seseorang yang memiliki kepedulian terhadap orang muda.Bagi Leonard Bernstein,musik bukan sekedar area vitalitas bagi orang muda,melainkan sebuah media untuk membantu membawa kehidupan kepada tatanan batin yang lebih termuliakan.




Pada 18 Januari 1958,Bernstein membuat proyek LEONARD BERNSTEIN FOR YOUNG PEOPLE. Proyek tersebut dilaksanakan,setelah dua minggu Bernstein diangkat menjadi Direktur New York Philharmonic.Benytuk proyeknya adalah sebuah paket acara.bernstein menyempatkan diri memimpin dan mengarahkan sebuah orkestra beranggotakan orang-orang muda.Disamping itu diadakan pula diskusi musik,termasuk diskusi tentang musik Jazz.Ada sekitar 52 konser yang dilakukan Bernstein dalam setahun untuk proyeknya ini.




Dalam salah satu sesi,Bernstein mengawali sebuah diskusi dengan mengajukan pertanyaan :

WHAT IS MUSIC ?

Kemudian Bernstein memutar rekaman OVERTURE WILLEM TELL.Langsung secara spontan orang-orang muda,termasuk yang berusia di bawah 10 tahun,saling berceletukan… :  “oh…itu musik LONE RANGER…”.(sebuah serial TV tentang cowboy bertopeng hitam dan berkuda putih,yang di masa itu sangat popular).Kemudian Bernstein memutar potongan film yang lain,tapi bertema sama dengan Lone Ranger,dan diberi musik yang sama…ternyata nuansanya pas-pas saja.

Jadi,menurut Bernstein…


 MUSIK TIDAK MENGABDI PADA APAPUN DAN SIAPAPUN….MUSIK SENANTIASA MAMPU MEMBAHASAKAN DAN BERKISAH TENTANG DIRINYA SENDIRI.





No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.