BEBERAPA ANGAPAN YANG
KELIRU TENTANG PENDIDIKAN MUSIK
Sebelmnya perlu diberi penekanan,bahwa yang dimaksud dalam
artikel ini adalah PENDIDIKAN MUSIK DAN
BUKAN SEMATA PEMBELAJARAN MUSIK.
Anggapan 1
Dengan guru yang artis terkenal,maka ajan didapat pendidikan musik yang
maksimal bagi anak.
Anggapan ini jelas keliru.Artis
terkenal memang sangat piawai dalam teknik permainan dan
performance.Namun,pendidikan musik menuntut sesuatu yang berbeda.Pendidikan
musik lebih terarah pada passion atau hasrat dalam bermusik.Untuk
itu,diperlukan adanya pengetahan tentang metodik,didaktik,paedagogik dan tentu
saja psikologi pendidikan.Dan sangat langka seorang artis sekaligus memiliki
pengetahuan yang mendalam terhadap kebutuhan pendidikan musik secara utuh.
Sangat disarankan agar mencari
guru musik yang sejati.GURU MUSIK.Dan
bukan sekedar instruktur musik.Kita dapat melihat profil si guru.Melalui
facebook nya,Blog nya,Twitternya.Dan yang lebih pentingadalah apa yang sudah
dia buat bagi anak didiknya.Dalam konser misalnya.Anak didiknya harus passionate
bermain.Dan BUKAN SI GURU ITU yang jadi narsis gak ketulungan.
Anggapan 2
Sekolah musik yang terkenal pasti memiliki mutu pendidikan yang baik.
Sekolah musik berbeda dengan
sekolah formal.Banyak orang mendirikan “sekolah musik” namun pada intinya yang
dia dirikan adalah kursus dalam kelas abal-abal.Terkenalnya sebuah sekolah
musik,sama sekali bukan berarti institusi tersebut menawarkan pendidikan m usik
yang bermutu.Sangat banyak di Indonesia,sekolah musik terkenal yang tenar
karena hanya rajin pasang iklan.Juga karena pemiliknya adalah boss
pertambangan.Ada juga yang terkenal karena mendompleng sebuah perusahaan
konglomerasi.
Ada dua hal yang penting dalam pendidikan
musik :
Penyaluran ekspresi dan kreasi
melalui musik
Aktualisasi diri.
(konser,ujian,tour performance)
Sekolah musik hanya mampu untuk
hal yang kedua.Dikarenakan sebagai sebuah lembaga,sekolah musik memiliki banyak
relasi dan relative bisa mendapat sponsor.Untuk penyaluran ekspresi dan proses
kreatif,tetaplah dibutuhkan guru yang benar-benar seorang pendidik dalam bidang
musik.
Anggapan 3
Pendidikan musik yang baik harus dimulai dari belajar musik klasik.
Anggapan ini tidak salah
sepenuhnya.Kenyataannya di jaman sekarang,banyak metode pendidikan musik yang
baik,dan sama sekali tidak berbau musik klasik.
Bukan klasik atau tidak klasiknya
yang penting.Yang paling penting adalah,sejauh mana guru dapat menanamkan
passion sedini mungkin pada siswanya.Berpendidikan musik tidak sama dengan
pencinta musik klasik
Anggapan 4
Pendidikan musik itu sebuah ranah edukasi yang sangat mahal
Dalam batas tertentu,anggapan ini
hanya keliru.Kenyataannya,piranti musik menjadi semakin terjangkau.Ada piano
digital Kawai yang sangat baik yang mampu menandingi piano sejati.Beberapa
music educator juga sekarang ini memasang tariff yang masih bisa
terjangkau.Yang jadi masalah adalah buku-buku musik.Namun dalam beberapa
kasus,kita bisa mendownload gratisan.Tentu saja dalam situs yang sudah menjadi
public domain.
Anggapan 5
Jangan jadi pemusik,karena masa depan pemusik itu suram
Yup..yap…ok..ya..yes..O can
except it.TETAPI……..
Harap diingat bahwa pendidikan
musik itu sama sekali tidak punya tujuan membuat anak menjadi pemusik.Sama
sekali tidak.Tujuan utama pendidikan musik adalah menanamkan musical
passion.Sehingga orang dapat mengaktualisasi diri dengan cara yang sehat.Yakni
seni.Sebuah ranah estetis dan merupakan bagian paling hakiki dari hidup seorang
manusia.
No comments:
Post a Comment
Note: only a member of this blog may post a comment.