Friday 24 February 2017

KALA BUNYI MERAMBAT - by: Michael Gunadi (Audiopro, January 2017)

“KALA BUNYI MERAMBAT”
By: Michael Gunadi Widjaja
Audiopro, January 2017


SIFAT BUNYI
Terlebih dahulu perlu sedikit dipahami bahwa BUNYI, dalam ranah bacaan audio, memiliki sifat dapat MERAMBAT (PROPAGATE) dan bukan mengalir. Pengertian ini, bukan perkara semantik belaka. Namun juga angat berpengaruh pada tinjauan bunyi secara fisik. Jadi jelas, bahwa bunyi adalah perwujudan GELOMBANG dan melakukan gerakan dengan cara MERAMBAT yang tentu menjadi berbeda dengan sifat air yang MENGALIR.

Lingkup paparan ini adalah tentang apa yang terjadi saat bunyi merambat. Hal ini menjadi layak ditengok, sehubungan dengan interaksi hasil reproduksi bunyi terhadap ruang dimana bunyi itu dihadirkan. Zaman sekarang ini sudah ada DIGITAL AUDIO WORKSTATION (DAW).


Dalam tiap DAW, bahkan yang paling sederhana sekalipun, terdapat apa yang dinamakan  DIGITAL SIGNAL PROCESSOR (DSP). DSP ini, dari namanya, jelas sebuah piranti pemroses signal bunyi secara digital. Apa yang diproses? Interaksi signal bunyi, yang adalah gelombang terhadap ruang. DSP yang canggih malahan dapat membuat simulasi sebuah ruang, sampai pada keadaan yang hanya dapat dibayangkan atau Imaginary Scenary Space.

Wednesday 1 February 2017

NAPAK TILAS STREET MUSIK - by: Michael Gunadi Widjaja (Staccato, February 2017)

NAPAK TILAS STREET MUSIC”
by: Michael Gunadi Widjaja
Staccato, February 2017


MUSIK DARI JALANAN
Membaca judul tersebut, saya yakin ada beberapa pembaca yang terbelalak dan terkejut bercampur kaget. Dalam benak pikirannya, pastilah terlintas bahwa tulisan ini akan bicara mengenai musik jalanan. Musik jalanan yang identik dengan pengamen. Pengamen yang identik dengan kaum marjinal sub-urban yang tentu saja telah banyak mendapat cibiran. Memang benar artikel ini akan mengupas musik jalanan, namun bukan sebagai sebuah realita sosial. Dan amit-amit bikin dinamit, sama sekali bukan mendorong atau menginspirasi Anda atau anak Anda agar jadi pengamen.

Musik jalanan atau Street Music, mau tidak mau, suka tidak suka, muntah tidak muntah, sudah menorehkan tintanya dalam sejarah perjalanan musik semesta. Kehadirannya sudah banyak turut menentukan arah dan alur perkembangan musik sampai hari ini. Kita tidak perlu tabu untuk menengoknya, tanpa perlu sinis untuk menatapnya. Dan tidak perlu juga berbibir monyong karena mencibir. Kita serap yang dirasa masuk akal dan buang jauh-jauh hal yang bagi anda menjijikkan. Tentu dengan catatan, bahwa Anda sendiri bukanlah sosok yang menjijikkan dan menyebalkan bagi orang lain.

ASAL MULA STREET MUSIC
Sebetulnya, istilah STREET MUSIC malahan kurang dikenal dalam ranah telaah musik. Para musikolog lebih suka memakai istilah STREET PERFORMANCE dibanding istilah street music. Kehadiran musik jalanan sebetulnya sudah berusia sangat tua, namun baru pada tahun 1860 kehadiran musik jalanan benar-benar mendapat perhatian. Tepatnya adalah di London, Inggris.